TAHUN 2012 DENGAN SEMANGAT BARU

TAHUN 2012 DENGAN SEMANGAT BARU

Senin, 04 Maret 2013

JABAR UHUD













Matahari kian meninggi dan suhu terus memanas, tak menurunkan niat para peziarah -calon jamaah haji dari lintas benua, untuk melakukan napak tilas perjuangan Islam. Di sela-sela kesibukan dalam menunaikan shalat dan ziarah di masjid Nabawi Madinah, mereka mendatangi jabal UHUD atau bukit UHUD.

Calon jamaah Indonesia dan jamaah lintas benua sangat antusias dan mendalami peristiwa di Jabal Uhud. Puluhan bahkan ribuan jamaah selalu memadati tempat yang menyimpan torehan tetesan darah dan pengorbanan perjuangan permulaan sejarah Islam.

Siapa yang tidak kenal JABAL UHUD? Jabal Uhud atau bukit Uhud terletak sekitar 5 kilometer sebelah barat laut Madinah Arab Saudi. Bukit ini memanjang dari timur ke barat sepanjang sekitar 10 kilometer. Dibawah Jabal Uhud ini ada sebuah bukit yang di beri nama bukit Ar Rumah yang artinya pemanah. Di bukit itulah Nabi Muhammad pernah menempatkan 50 orang pemanah yang dipimpin oleh Abdullah bin Jubair al Anshir.

Jabal Uhud memang menjadi saksi bisu atas peristiwa peperangan yang dahsyat dan tak seimbang pada 15 Syawal Tahun Ke- 3 H atau 625 M. Kaum muslimin yang dipimpin oleh Nabi Muhammad sebanyak 700 orang melawan kaum quraish yang terdiri dari 3.000 pasukan berkuda dan onta.

Kekalahan terjadi menimpa kaum muslimin. Meski kemenangan sebenarnya diperoleh, namun akibat ketidak-patuhan regu pemanah diatas bukit membuat pasukan kaum muslimin dapat didesak mundur oleh pasukan kafir. Dalam perang ini, sekitar 70 pasukan kaum muslimin gugur sebagai suhada termasuk paman nabi Hamzah bin Abdul Mutholib.

Tidak ada komentar: